Thursday, October 16, 2008

SANG AMANAH (21)

(21)

‘Gile, cing. Jadi lo beneran insap nih? Hebat beneeer……. Gue kagum nih,’ Herman membuka sambutan sekembali Anto dari shalat.

‘Emangnya kenapa? Keberatan?’ Anto sok serius.

‘Ah enggak. Ngapain juga gue keberatan. Cuman kagum, tau nggak lo. Kok lo bisa berubah kayak gitu ya? Emang ada apa sih?’

‘Lo mau tau? Gini pren. Gue ini insap. Gue ini lagi perlu pertolongan Tuhan. Lo denger nggak? Gue lagi perlu pertolongan Tuhan. Nyokap gue lagi sakit. Sakit parah. Sakit yang bisa fatal. Abis dioperasi udah dua bulan kagak bisa bangun, di tempat tidur melulu. Bokap gue frustrasi, bermasalah, runyem, kacau. Tiba-tiba… Lo dengerin nih…tiba-tiba terjadi peristiwa kemaren. Yang lo juga dipanggil. Yang lo protes gara-gara ditelanjangin sama Mr. Mursyid. Terus gue diinterogasi. Gue cerita apa adanya. Terus si ‘jenderal’ mau manggil nyokap gue, gue bilang nggak bisa karena nyokap gue lagi sakit. Lagi istirahat terus di tempat tidur. Dia mau panggil bokap gue, gue bilang kagak bisa karena bakal menambah sakit nyokap gue. Dan ‘new’ kepsek itu, yang datangnya terlambat, waktu gue dihadapkan lagi siang-siang, bilang dengan entengnya bahwa dia maapin gue. Begitu dia tau nyokap gue sakit, gara-gara diceritain si ‘jenderal’, dia bilang dia mau nengokin. Naah…panjang kan ceritanya. Dia datang deh tu siang-siang berdua sama si ‘jenderal’. Dan gue kemaren itu sering banget terkaget-kaget. Waktu gue nyampe di rumah gue lihat nyokap ama bokap udah baekan. Gue bilang terima kasih Tuhan. Terus itu ‘new’ kepsek ngasih tauin cara pengobatan untuk penyakit nyokap gue yang dia bilang sudah pernah dicoba sodaranya dan berhasil. Sodaranya sembuh. Nyokap gue seneng banget. Obatnya dia bilangin ada di kebon sekolahan sini, tinggal minta Mister Simin. Itu yang tadi pagi-pagi gue ambil. Dan…. dan…. itu ‘new’ kepsek mengagumkan kita semua. Bokap gue, nyokap gue sampe sak pembokat-pembokat di rumah gue semuanya terkagum-kagum. Kagum kenapa? Pasti lo mau nanya. Jawabnya, gue nggak tau. Tapi kita semua senang melihat tampangnya. Kemarin, pas azan asar, dia masih di rumah gue, pamitan. Bukan mau pulang tapi mau shalat ke mesjid deket rumah gue. Nyokap gue nyuruh gue ikutan. Bokap gue juga ikut-ikutan. Dan yang lebih bikin lo penasaran…. Tadi pagi… gue kebangun pas azan subuh. Udah segitu lama gue tinggal di sana rasanya belum pernah gue kebangun subuh-subuh pas azan kayak tadi pagi. Dan gue shalat. Gue mau insap. Gue mau berdoa banyak-banyak sama Tuhan, mohon agar nyokap gue sembuh. Nah… lo-lo mau bilang gue anak mami? Iya kan?! Sebodo amat. Pokoknya EGP. Naah begitu ceritanya pren. Kenapa lo-lo pada? Kok pada mangap semua?’

‘Hebat…bener-bener hebat. Gue bener-bener kagum,’ kata Herman.

‘Masih nyindir nih?’

‘Enggak. Siapa bilang gue nyindir? Gue kagum, masak nggak boleh kagum sih?’

‘Tadi pagi lo shalat ke mesjid juga, gitu?’ tanya Iwan.

‘Ya enggak. Belum. Cuman gue kebangun. Gue shalat aja di kamar gue.’

‘Gimana Wan? Lo mau ikutan?’ tanya Herman sama Iwan.

Iwan tidak menjawab. Dia tersenyum-senyum sambil memonyong-monyongkan bibirnya dan kepalanya mengangguk-angguk. Entah apa maksudnya. Bel masuk sudah dibunyikan lagi. Ketiga ‘jagoan’ itu bergegas menuju kelas.


*****

5. Rapat Acara Perpisahan

Pak Suprapto baru kembali dari kantor Depdiknas jam satu lebih. Dia buru-buru ke mesjid sekolah mau shalat zuhur. Di mesjid dia lihat pak Umar lagi berbincang-bincang dengan pak Simin, pak Tugiman dan pak Kosasih. Kelihatannya asyik betul. Pak Suprapto membayangkan mereka berempat ini baru selesai shalat. Tentu shalat berjamaah dengan pak Umar. Tentu pak Umar yang mengajak mereka-mereka ini shalat berjamaah. Pak Umar memang dari dulu sangat pandai mengambil hati bawahan. Orangnya sangat penuh perhatian dan biasanya orang lain cepat sekali menurut kepadanya. Ah, pak Umar ini memang hebat.

Pak Suprapto shalat sendirian. Seperti kemarin. Pak Suprapto memang biasa shalat sendiri biar di rumah pun. Dia biasanya shalat berjamah hanya hari Jumat. Atau shalat taraweh kalau bulan puasa. Dan shalat hari raya. Yang lainnya sering sendiri. Tapi pak Suprapto adalah orang yang selalu melakukan shalat. Waktu dia selesai, bapak-bapak yang empat orang itu masih duduk-duduk berbincang-bincang. Pak Suprapto ikut bergabung.

‘Baru pada habis shalat juga?’ tanya pak Suprapto.

‘Sudah dari tadi pak. Kami lagi ngobrol ke barat – ke timur. Dari urusan shalat berjamaah sampai ke urusan tanaman obat,’ pak Umar menjelaskan.

‘Iya. Mengenai urusan shalat. Nanti-nanti bapak-bapak ini bakalan diajak pak Umar shalat berjamah di mesjid ini terus nih,’ kata pak Suprapto.

‘Pan udah mulain tadi, pak. Tadi pan kita udah bejamaah ramai banget di sini,’ pak Simin menjelaskan.

‘Oh ya? Saya baru saja kembali dari rapat. Tadi kebetulan ada rapat di luar sekolah. Maksudnya tadi murid-murid di suruh shalat di sini semua begitu, pak Umar?’ tanya pak Suprapto.

‘Ah, tidak juga kok pak. Tidak saya suruh. Cuman saya panggil. Saya azan dan mereka berdatangan. Murid-murid, bapak-bapak ini, guru-guru. Lumayan ramai. Ternyata cukup dengan panggilan azan, mesjid ini sudah dapat difungsikan dengan baik. Alhamdulillah. Saya sungguh bersyukur.’

‘Oh ya? Dan… tidak ada masalah?’

‘Ah tidak pak… Sampai sejauh ini tidak ada masalah. Aman-aman saja. Mudah-mudahan ke sananya juga tidak ada masalah. Lagi pula masak shalat akan menimbulkan masalah, pak. Kayaknya kok ya terbalik. Harusnya tidak shalat yang akan menimbulkan masalah,’ jawab pak Umar.

‘Maksud saya tidak ….. tidak ada yang protes misalnya?’ Tanya pak Suprapto lagi.

‘Tidak ada pak. Tapi, masak sih kita shalat, ada yang protes?’ jawab pak Umar pura-pura tidak mengerti.

‘Syukurlah kalau begitu. Syukurlah kalau tidak ada yang protes,’ kata pak Suprapto pula.


*****


Jam setengah tiga rapat guru-guru untuk persiapan hari perpisahan pak Suprapto baru bisa dimulai. Sesudah terlebih dahulu makan nasi bungkus. Selama makan sudah ada lobi-lobi kecil tentang acara perpisahan yang akan di gelar. Ibu Purwati yang memimpin rapat. Tidak semua guru bisa hadir. 12 orang guru tidak dapat ikut serta karena ada keperluan lain. Pak Suprapto ikut hadir sebagai pemberi saran. Pak Umar juga diminta ikut hadir. Sebenarnya ini bukan rapat guru-guru melulu. Ada pula tiga orang perwakilan wali murid yang ikut diundang. Dan perwakilan OSIS. Ibu Purwati, ketua panitia, membuka rapat.

‘Selamat siang bapak-bapak, ibu-ibu serta anak-anak yang mewakili OSIS. Seperti dijadwalkan kita akan mengadakan rapat dalam rangka perpisahan kepala sekolah yaitu pak Drs. Suprapto M.Pd, karena beliau akan segera memasuki usia pensiun. Kami sudah susun agenda rapat kita siang hari ini sebagai berikut, yaitu pembukaan, pemilihan tema, acara, pembiayaan dan terakhir penutup. Saya yang diserahi tanggung jawab memimpin ke panitiaan ini mengharapkan rapat kita ini bisa berjalan lancar, tidak bertele-tele. Bagian yang paling pokok dan akan banyak menyita waktu saya rasa adalah yang menyangkut acara dan pendanaan. Jadi seyogianya kita bisa lebih terarah dalam membahas keduanya nanti. Baiklah, bapak-bapak dan ibu-ibu sekalian, karena rapat sudah resmi dibuka, saya pikir kita langsung menginjak ke acara kedua yaitu pemilihan tema. Apakah cukup kalau temanya kita ambil ‘ACARA PELEPASAN KEPALA SEKOLAH SMU 369 - BAPAK DRS SUPRAPTO M.PD’ dengan sub tema ‘SESUDAH 36 TAHUN PENGABDIAN DI DUNIA PENDIDIKAN’. Mungkin ada bapak-bapak atau ibu-ibu yang akan mengomentari. Silahkan.’

Pak Mursyid mengangkat tangan.

‘Langsung saja pak Mursyid!’

‘Baik, terima kasih ibu ketua. Saya usul agar kata-kata ‘pelepasan’ diganti dengan ‘perpisahan’ saja. Tepatnya ‘acara perpisahan dengan….’ Dan seterusnya. Dan tidak usah pakai sub tema. Itu saja terima kasih.’

‘Bagaimana bapak-bapak dan ibu-ibu yang lain?’

‘Saya, ibu ketua,’ kata ibu Lastri.

‘Silahkan!’

‘Saya setuju dengan pak Mursyid untuk mengganti kata ‘pelepasan’. Tapi sub tema tidak perlu dihilangkan. Malahan ditambahkan lagi dengan kata-kata, ‘selamat jalan pak Suprapto – selamat datang pak Umar’. Karena pada kesempatan ini kita kan juga mengucapkan selamat datang di SMU 369 kepada bapak Umar, pengganti kepala sekolah. Itu saja usulan saya.’

‘Baik. Masih ada yang ingin menambahkan? Pak Sofyan barangkali? Silahkan langsung saja pak!’

‘Saya sependapat dengan ibu Lastri, ibu ketua.’

‘Mungkin masih ada yang lain?’

Ternyata sudah tidak ada yang berkomentar.

‘Baik, kalau begitu maka temanya secara utuh kita putuskan saja, ‘ACARA PERPISAHAN DENGAN KEPALA SEKOLAH SMU 369 - BAPAK DRS SUPRAPTO M.PD’ dengan sub tema ‘SESUDAH 36 TAHUN PENGABDIAN DI DUNIA PENDIDIKAN’ dan di bawahnya lagi, ‘selamat jalan pak Suprapto – selamat datang pak Umar’. Terima kasih. Kita lanjutkan dengan bahasan berikutnya, yang mungkin akan banyak usulan-usulan yaitu mengenai ‘acara’. Mungkin pak Hardjono bisa memberikan sedikit gambaran tentang susunan acara yang akan kita laksanakan. Silahkan pak Hardjono!’

‘Terima kasih ibu ketua. Saya bersama-sama dengan bapak-bapak dan ibu-ibu yang lain di antaranya, pak Wayan, pak Muslih, ibu Lastri sudah merancang acara secara garis besar sebagai berikut. Pertama acara sambutan-sambutan, kita batasi saja, sambutan dari ketua panitia, dalam hal ini ibu Purwati. Berikutnya sambutan dari ketua POMG sebagai penyampai ucapan terima kasih dan selamat jalan kepada bapak Suprapto dan terakhir sambutan dari pak Suprapto sendiri. Acara berikutnya langsung saja kepada acara hiburan yang didalamnya ada drama ‘Kenangan dengan pak ‘Jenderal’ Suprapto’. Ini maaf … pak Suprapto. Drama ini terdiri dari tiga babak, akan dimainkan oleh murid-murid kita. Di antara ketiga drama akan ada pertunjukkan tari-tarian oleh murid-murid juga, asuhan pak Wayan dan grup band dan nyanyian-nyanyian serta duet gitar, seperti biasa Adrianto dan Iwan Tirta. Terakhir sekali acara bebas yang biasanya diisi dengan ‘dangdut dan joged’. Nah, itu yang sudah sempat kami orat-oret. Jadi silahkan bapak-bapak dan ibu-ibu tambahkan atau komentari!’

‘Baiklah. Terima kasih pak Hardjono. Namun sebelum lupa, apakah acara ini kita lakukan siang hari atau malam hari? Di panggung terbuka atau di ruangan tertutup? Mungkin bisa dijelaskan!’

‘Kami merencanakan acaranya malam, ibu ketua. Yaitu malam Minggu atau Sabtu malam. Acara kita mulai jam delapan dan ditutup jam sebelas. Dan di panggung terbuka di pelataran parkir mobil.’

‘Bapak-bapak atau ibu-ibu yang lain? Bagaimana komentar dan pendapatnya?’

‘Saya ibu ketua,’ pak Darmawan ikut bicara.

‘Silahkan pak Darmawan!’

‘Mengingat saat sekarang sering turun hujan apakah tidak beresiko kalau acara itu di panggung terbuka. Itu saja ibu ketua?’

‘Silahkan bapak-bapak yang lain. Ya pak Mursyid, silahkan!’

No comments: