Monday, October 20, 2008

SANG AMANAH (27)

(27)

Hasil akhir jajak pendapat di kalangan guru-guru seperti yang tertera di papan tulis serba guna di ruangan guru, dari 35 guru yang ikut berpartisipasi, 30 orang setuju acara dangdut, lima orang tidak setuju. Dari murid-murid, kebalikannya, 78% tidak setuju dengan acara itu dan sisanya setuju. Yang setuju adalah hampir semua anak-anak kelas tiga IPA. Mungkin mereka terlalu capek dengan pelajaran dan menganggap dangdut dan joged akan dapat mengendorkan saraf. Ketua OSIS, Syamsurizal, menyerahkan hasil jajak pendapat itu kepada ibu Purwati. Ibu Purwati mengernyitkan keningnya ketika melihat hasil itu. Ibu Purwati menyuruh ketua OSIS menuliskannya di papan tulis serba guna, di bawah hasil jajak pendapat dikalangan guru-guru. Di bawahnya ditulis kesimpulan dengan huruf besar-besar, ‘ACARA DANGDUT DAN JOGED DITOLAK’


*****

Empat buah ruangan kelas dilantai bawah disulap jadi ruangan khusus untuk pertunjukkan sejak hari Sabtu siang. Sekolah praktis dihentikan sesudah istirahat pertama pada hari itu. Murid-murid dan guru-guru bergotong royong membuka pembatas kelas, mengatur ruangan dan membuat pentas dari tumpukan meja belajar di kelas paling ujung. Perlengkapan sekolah untuk membuat pentas itu berikut untuk tirai penutup pentas merupakan barang inventaris sekolah yang dapat dipasang dengan cepat dan mudah. Pentas itu kemudian dihiasi, dipasang spanduk besar bertuliskan tema hari perpisahan itu sesuai hasil rapat panitia perpisahan beberapa hari yang lalu.

ACARA PERPISAHAN DENGAN KEPALA SEKOLAH SMU 369
BAPAK DRS SUPRAPTO M.PD

SESUDAH 36 TAHUN PENGABDIAN DI DUNIA PENDIDIKAN.

Selamat jalan Pak Suprapto - Selamat Datang Pak Umar

Tidak semua murid-murid terlibat gotong royong menyiapkan ruangan dan pentas. Sebagian lagi melanjutkan latihan untuk acara yang akan di pertunjukkan besok. Latihan drama, latihan tari-tarian, latihan musik dan sebagainya. Yang bergotong royong terlibat dalam obrolan santai selama bekerja;

‘Wah sayang, nih! Acara joged ditiadakan. Kalau nggak kan asyik banget nih adu geyol di depan sini.’

‘Iya..yah. Ngapain sih itu anak-anak kok pada alergi sama joged. Apa takut dikira kampungan?’

‘Ya nggak tau yak. Atau kali juga pada malu. Atau benar nganggap kampungan. Di sini kan banyakan anak-anak orkay.’

‘Sok kotaan. Sok orkay. Sebel gue.’

‘Lha….. emang gitu, yak. Joged itu bukan mainannya anak gedongan.’

‘Mainan anak gedongan ‘mang apa?’

‘Mainan anak gedongan dansa, he..he..he..’

‘Hei…Lina! Lo waktu itu memilih apa sih? Setuju joged atau nggak?’

‘Joged? Nggak lah yaaouuwww.’

‘Emang kenapa sih?’

‘Joged? Jijai……, tau nggak lo. Apalagi entar joged sama guru-guru….. wah gue nggak bisa ngebayangin deh?’

‘Jangan dibayang-bayangin dong! Joged nggak usah dibayang-bayangin.’

‘Yeeei, bolehnya lo yang usil sih?’

‘Dasar lo! Sok keren, sok nggak suka dicap kampungan!’

‘Ngapain juga lo marah-marah ke gue? Pan udah di jajak pendapat. Udah diputusin. Apa lagi?’

‘Gue bukannya marah-marah. Gue cuman sebel sama orang yang menentang joged. Joged itu halal, tau nggak lo?’

‘Yeeiii. Apa hubungannya? Mo lo bilang halal kek, mo haram kek, ‘sak bodoh. Gue nggak suka ya nggak suka.’

‘Padahal kalau joged ama lo pasti asyik deh.’

‘Ah…. otak lo ngeres.’

‘Eh, tau nggak sih, guru-guru padahal suka banget tuh joged ‘poco-poco’. Mereka pada kuciwa tuh?’

‘Sok tau lo. Dengar dari mana sih? Main pukul rata aja.’

‘Main pukul rata gimana? Lo tau kan, guru-guru sebagian besar, 85% memilih ada acara joged. Di kantor guru-guru gue sering dengar kaset ‘poco-poco’ di puterin.’

‘Terus lo lihat guru-guru pada joged gitu?’

‘Ya enggak sih. Tapi itu kan sudah bisa disimpulkan.’

‘Kayak matematika aja lo, pake disimpulkan.’

‘Tapi entar acara jingkrak-jingkrak kayak ‘break-dance’ gitu boleh nggak ya?’

‘Gila, lo. Orang acara joged aja nggak boleh, apalagi acara gituan.’

‘Kan nggak sama dengan joged?’

‘Kalau gitu lo coba aja ntar. Kalau dibiarin berarti boleh.’

‘Ah nggak ah. Kagak berani gue.’

‘Mangkanya jangan sok aneh-aneh!’

‘Kalau emang kepingin tampil di pentas lo ikut aja latihan tari tuh sama pak Wayan!’

‘Kalau nari sih gue ogah. Mending juga nyumbang lagu.’

‘Berani, lo?’

‘Berani. Kenapa enggak? Siapa takut?’

‘Ah kalau dia sih pasti berani. Cuman bukan nyumbang suara, tapi suara sumbang..he..he..he..he.’

‘Jangan sok melecehkan, lo kan belum pernah denger suara gue.’

‘Gini aja Djon! Lo ikut aja ntar nyanyi sama Anto dan Iwan anak kelas dua C itu!’

‘Wah, itu sih enggak level.’

‘Yang nggak levelnya itu lo, apa mereka?’

‘Ya jelas mereka dong. Gimana sih lo..he..he..he..?’

‘Bukan nggak level, nggak nyambung. Mereka membawakan lagu-lagu ‘Bob Dylan’ lo maunya lagunya ‘Waljinah’, ya nggak pas.’

‘Emangnya gue cewek, lagu Waljinah?’

‘Ya nggak pa-apa. Sekalian lo di dandanin kayak embok-embok, asyik juga tuh Djon! he.he.he…’

‘Wah! Pernyataan lo menjurus pada pelecehan nih. Bisa berakibat fatal nih. Bisa-bisa gue nantang lo duel nih.’

‘Iya Djon…. bener. Ini sih udah nggak bener nih. Ayo…. ngajak duel aja Djon.’

‘Wah…promotor duel dapat proyek nih. Ntar malahan lo yang gue ajak duel..mau nggak?’

‘Urusannya lo ama Djoni kok maunya dilimpahkan kegue. Apa-apaan lo?’

Pak Sutisna muncul. Dia meminta anak-anak yang sedang asyik ‘ngalor-ngidul’ itu untuk menyusun meja-meja belajar yang tidak dipakai di belakang ruangan kelas. Obrolan tidak berujung pangkal mereka itu terhenti dengan sendirinya. Begitu pentasnya selesai, alat-alat musik disusun di atasnya. Pemain-pemain band amatir sibuk mencoba alat-alat itu. Suara brang-breng-brong lumayan memekakkan telinga. Pemain-pemain band itu minta izin untuk latihan malam ini dan diizinkan oleh pak Mursyid yang akan datang menemani mereka sampai jam sembilan malam. Kelompok drama juga akan mengadakan latihan malam ini. Izin hanya diberikan untuk anak-anak yang benar-benar terlibat latihan di bawah pengawasan guru-guru masing-masing. Sementara anak-anak yang tidak ikut latihan untuk mengisi acara tidak diizinkan tinggal di sekolah.


*****

No comments: