Wednesday, October 22, 2008

SANG AMANAH (29)

(29)


Demikian pidato perpisahan pak Suprapto. Acara berikutnya adalah sambutan dari Ketua POMG, yang disampaikan oleh bapak Ir. Djoko Rismianto. Beliau mengucapkan terima kasih atas pengabdian pak Suprapto selama lima tahun terakhir. POMG sangat menghargai usaha nyata pak Suprapto dalam meningkatkan sarana belajar mengajar dengan membangun ruangan-ruangan tambahan dan melengkapi laboratorium sekolah. Hal tersebut paling tidak sudah dapat menyeragamkan waktu belajar tanpa perlu lagi membagi kegiatan sekolah menjadi kelas pagi dan kelas sore. Strategi yang ditempuh pak Suprapto untuk memajukan pendidikan di sekolah ini memang perlu waktu untuk mencapai hasil yang maksimal. POMG mengharapkan pula agar kepala sekolah yang baru akan dapat lebih berkonsentrasi dalam meningkatkan mutu pendidikan karena sarana yang diperlukan sudah mencukupi. Pak Djoko Rismianto mengakhiri sambutannya dengan sekali lagi mengucapkan terima kasih kepada pak Suprapto dan mengharapkan agar beliau dapat menikmati masa pensiunannya dengan penuh kebahagiaan.

Pak Djoko mewakili POMG menyerahkan sebuah kado kepada pak Suprapto sebagai kenang-kenangan. Kado itu adalah sepasang reket tennis, untuk pak Suprapto dan istrinya. Beliau berdua memang pecandu tennis, sekaligus pemain tennis yang handal.

Setelah acara sambutan-sambutan selesai dilanjutkan dengan selingan musik oleh pemain band amatir yang terdiri dari murid-murid SMU 369. Acara ini kurang menarik karena suara hiruk pikuk musik anak muda itu kurang cocok dengan suasana perpisahan. Bahkan teman-teman mereka sesama murid meneriaki mereka agar berhenti dan turun dari panggung.

Lalu ada acara selingan tari piring yang berasal dari Sumatera Barat. Penari-penari itu terdiri dari empat pasang murid SMU berpakaian adat Minangkabau, meliuk-liuk menarikan tarian yang menggunakan piring kecil dan lilin menyala. Tarian yang terlihat anggun dengan rentakan-rentakan gagah penari pria diimbangi oleh lemah gemulai penari wanita, terlihat sangat serasi dan elok. Tepuk tangan panjang mengiringi berakhirnya tarian tersebut.

Berikutnya adalah acara drama yang menampilkan replika perjalanan tugas pak Suprapto sebagai kepala sekolah di sekolah ini. Diawali dengan seorang murid yang didandani menyerupai pak Suprapto lengkap dengan kaca mata baca kecil sedang duduk di kantornya. Dan dialog-dialog khas yang biasanya terlontar dari mulut pak Suprapto dimainkan dengan diplesetkan di sana-sini. Seorang yang mewakili penampilan pak Tugiman, petugas sekolah yang menyediakan minum tiap pagi memasuki ruangan pak Suprapto.

________

‘Ya… selamat pagi…sampeyan ini siapa?’

‘Tapi…saya belum mengucapkan selamat pagi, pak…’

‘Oh ya…jadi belum to? Tidak apa-apa…saya Suprapto kepala sekolah yang baru di sini….sampeyan siapa?’

‘Tapi….saya sudah tahu siapa bapak…. bapak..pak Suprapto kan?…Kepala sekolah yang baru kan? Tapi belum kenal siapa saya kan….?’

’Itu mangkanya saya tanyaken! Sampeyan iki sopo…..hah?’

‘Adduh…mahap..pak…mahap…saya… saya Tugiman….tukang teh. Saya mau menarok ini teh untuk bapak.’

‘Oooh…jadi kamu tukang menyediaken teh…..? Itu teh untuk saya? Kamu tahu cara membuat teh?’

‘Ya tahu dong pak. Saya tukang membuat teh.’

‘Itu teh manis?’

‘Ya.. manis pak.’

‘Pake gula?’

‘Nggak pak… pake garam…. pake garam inggeris pak…eh.. eh mahap pak…mahap..ya jelas pake gula pak.’

‘Gula apa?’

‘Ya gula…gula… gula… gula apa ya? Gula…pasir, pak. Gula dicampur pasir.’

‘Ou tidak. Saya tidak mau minum teh pakai gula pasir, saya mau teh pakai gula Jawa.’

‘Saya juga orang Jawa, pak. Dan itu gula saya yang beli. Kan itu berarti gula Jawa pak.’

‘Kamu jangan suka membantah ya? Saya Suprapto kepala sekolah yang baru di sini. Kalau bikin teh harus pakai gula Jawa yang dibeli di Jawa. Mengerti?’

‘Mengerti… pak. Bapak galak juga ya pak? Tapi belum pernah kena siram teh sebaskom kan pak?’

‘Apa kamu bilang hah….?’

Dan pak Tugiman pura-pura itu lari terbirit-birit. Seorang yang memerankan pak Mursyid masuk ke ruangan sambil celingak celinguk.

‘Ya…selamat pagi… sampeyan ini siapa?’

‘Tapi…’

‘Tapi sampeyan belum bilang selamat pagi kan? Tidak apa-apa. Saya adalah…’

‘Saya sudah tahu bapak ini bapak Suprapto, kepala sekolah yang baru kan..?’

‘Baik.. kalau begitu satu-satu… Ada apa? Eh bukan belum satu-satu, pertanyaan saya belum dijawab…sampeyan ini siapa?’

‘Saya Mursyid guru olah raga, pak.’

‘Oh, yang pencetus ide ‘duel’ itu! Apa kabar pak Mursyid?’

‘Tapi ide duel itu nanti….lima tahun lagi dalam cerita ini….pak…?’

‘Oh ya. Tapi nggak apa-apa. Saya sumpek nih. Saya tidak suka melihat sekolah ini. Ada yang masuk pagi…. ada yang masuk siang. Saya harus berada di sekolah sepanjang hari…. kapan waktu saya buat main tennis?’

‘Maksud bapak bakso bola tennis?’

‘Main tennis, bedoun. Bukan bakso, dasar sampeyan tukang makan…’

‘Jadi maunya bapak, nggak jadi menjadi kepala sekolah di sini? Mau saya gantiin? Asyiiiik….. Biar saya saja yang jadi kepala sekolah…Nanti semua tak suruh olah raga terus…. nggak usah belajar….’

‘Bukan…Bukan nggak mau jadi kepala sekolah… Saya sudah nggak bisa mengajar apa-apa…sudah lupa….saya bisanya hanya jadi kepala sekolah saja…Tapi saya sumpek…sekolah ini terlalu kecil…ruangan kelasnya terlalu sedikit….padahal tanahnya masih luas….saya mau bangun kelas lagi yang banyak…biar nggak ada yang mesti sekolah siang….biar saya bisa tetap main tennis…Sampeyan ngerti nggak?’

‘Ya..ya.. saya ngerti pak. Sekolah ini tidak ada lapangan tennis. Bagus itu pak…dibangun saja lapangan tennis di sini….asyiiik saya terpaksa harus mengajar anak-anak main tennis juga…tapi..saya belum bisa main tennis pak…ajarin dong?!’

‘Bedoun sampeyan iki. Bukan mau bangun lapangan tennis, saya mau bangun ruangan kelas tambahan, ngerti nggak?’

‘Buat les tambahan murid-murid maksudnya? Buat bimbel?’

‘Wadduh, piye to iki? Mau membangun…. membuat…. mendirikan gedung tambahan. Kelas tambahan….. untuk tempat anak-anak belajar…?’

‘Oooouuu begitu?’

‘Ya…begitouu!! Tapi bagaimana caranya?? Uangnya dari mana?’

Tiba-tiba masuk seseorang yang memerankan wali murid baru yang akan mendaftarkan anaknya.

‘Sampeyan siapa?’

‘Lho nggak selamat pagi dulu, pak?’

‘Tadi belum selamat pagi to? Ya selamat pagi juga, ada perlu apa sampeyan.’

‘Tapi saya belum mengucapkan selamat pagi, pak.’

‘Ah..jangan itu-itu melulu. Bosan mendengarnya..sampeyan iki sopo mas?’

‘Ini… kan tertulis di sini…saya wali murid… mau mendaftarkan anak saya masuk sekolah di sini.’

‘Ou boleh…boleh….boleh… Mau masuk kelas berapa? Di sini cuman ada kelas satu, kelas dua dan kelas tiga. Tidak ada kelas ekonomi, kelas bisnis.. Apalagi kelas eksekutip.’

‘Kalau gitu saya mau pesan kelas kambing saja pak…ada nggak pak?’

‘Ou nggak ada..nggak ada.. Adanya juga kelas unta…’

‘Tapi saya serius nih pak. Anak saya yang narkobaan itu….yang matanya selalu belekan itu….mau tak masukin di sini..boleh nggak pak?’

‘Apa you bilang? Narkobaan? No..no..no..no. Tidak ada tempat buat begituan di sini. Di sini hanya untuk anak-anak baik-baik saja… Jadi nggak usah ya?’

‘Tapi saya ada anak satu lagi yang nggak narkobaan pak. Boleh masuk di sini nggak pak?’

‘Mau masuk yang kelas berapa?’

‘Kelas tiga langsung bisa nggak pak…anak ini pintar betul…dia sehari cukup sekolah satu jam saja…... abis itu dia langsung cabut…. sambil merokok-merokok..sambil ngebut-ngebut dijalan… anak ini berbakat jadi pembalap…ntar sekolah bapak pasti terkenal karena dia….’

‘Apa you bilang? Tukang cabut? Tukang merokok-merokok? Tukang kebut-kebutan? Tidak ada..tidak ada… Sudah you pulang aja…anak-anak you nggak ada yang beres…sekolah ini hanya untuk anak-anak yang beres saja. Udah ganti orangnya….!’

Masuk lagi orang tua murid yang lain. Yang ini pakai kopiah. Yang ini pasti yang baik-baik.

‘Mau memasukkan anak sekolah di sini juga?’

‘Lho, kok bapak tau?’

‘Kan ada tulisannya di sini. ‘ Wali murid baru’. Mau masuk kelas berapa?’

‘Pilihannya kelas berapa saja pak?’

‘Eksekutip juga ada. Mau? Kelas eksekutip?’

‘Ah..jangan pak..ah. Baru juga tamat SMP.... masak mau masuk kelas eksekutip…he..he..he..’

‘Baik…NEM nya berapa?’

‘Bapak perlunya berapa?’

‘Lho, NEM..Nilai Ebtanas Murni…Berapa nilainya? Berapa NEM anak sampeyan?’

‘Wah..banyak juga..tuh. Murni semua… ada 45 ngkali?’

‘Ou..boleh..boleh..boleh kalau begitu. Di sini sekolah gratis, ruangan boleh pakai gratis, guru-guru gratis… semua gratis. Kapan anaknya mau masuk?’

‘Wow…bener nih gratis semua?’

‘Bener, tapi belajarnya di atap sekolah malam hari, sendiri. Mau?’

‘Kok begitu?’

‘Di sini sudah penuh mas. Sudah sumpek… Sudah tidak ada tempat.’

‘Masak sih..itu kelas segitu banyak…’

‘Itu penuh semua!…Mau bukti? Lihat aja sendiri! Orang sekolahnya sampai harus pagi sore begitu.’

‘Ya sudah anak saya masuk kelas malam saja.’

‘Diajarin sama Hansip, mau?’

‘Bagaimana kalau tak kasi duit, terus sampeyan bangun kelas lagi, mau nggak? Tanahnya kan masih luas tuh? Tapi anak saya diterima yak?’

‘Ou boleh..boleh..boleh… Mana…. sini duitnya. Biar tak bangun segera..biar anak sampeyan bisa ikut belajar. Kalau anak sampeyan sekolah di sini bisa ngetop lho, nanti. Tolong cari lagi orang lain yang kayak sampeyan ini. Yang banyak yaah..he..he..he.’

No comments: