Wednesday, October 8, 2008

SANG AMANAH (7)

(7)


Pak Umar diantar tukang ojek sampai ke samping ruang Gawat Darurat rumah sakit Harmoni. Dari jauh dia sudah melihat istrinya. Dia merasa senang setelah melihat ibu Fatimah dalam keadaan tenang-tenang saja. Ibu Fatimah yang juga melihat kedatangan pak Umar datang menyambut. Dia merasa heran melihat suaminya datang dibonceng sepeda motor.

‘Bagaimana keadaan Amir?’ tanya pak Umar.

‘Kepalanya luka bang, karena terbentur tembok trotoir dan sudah dijahit. Kata dokter perlu empat jahitan. Tadi dia merasa pusing-pusing, sehingga dokter menyuruh tunggu. Tapi sekarang sudah tidak pusing lagi dan kata dokter boleh segera pulang. Saya sengaja menunggu abang.’

‘Baiklah kalau begitu, biar abang urus masalah administrasinya dengan petugas rumah sakit ini.’

‘Maksud abang biayanya?’

‘Ya. Tentu saja. Dan sekalian abang ingin menanyakan bagaimana pendapat dokter tentang keadaan sebenarnya. Apakah luka di kepalanya itu tidak akan membahayakan?’

‘Biayanya sudah dibayarkan oleh bapak Sugiman ini bang. Beliau ini pengendara motor yang kecelakaan itu. Yang lainnya dapat abang tanyakan ke dokter yang merawatnya tadi. Dokter Susilo. Dia masih ada di ruangan dokter di sebelah.’ kata ibu Fatimah menjelaskan.

Tak lupa ibu Fatimah memperkenalkan pak Sugiman. Pak Sugiman menyalami pak Umar.

‘Saya mohon maaf pak. Karena kesalahan saya dek Amir celaka. Saya tadi terburu-buru karena ada keperluan, sehingga terjadi kecelakaan itu.’ kata pak Sugiman.

‘Ya, itu namanya takdir Allah. Pak Sugiman sendiri tidak apa-apa?’

‘Saya hanya luka lecet di tangan dan di lutut.’

‘Bagaimana dengan motornya? Rusak?’

‘Tidak pak. Hanya stangnya saja yang terpelintir. Jadi tidak apa-apa.’

‘Bapak ini bekerja dimana?’ tanya pak Umar lagi.

‘Saya pedagang di pasar Sumber Arta. Tadi saya ingin mendatangi ada orang yang mau menjual sepeda motor yang saya ketahui setelah membaca iklannya. Makanya saya terburu-buru. Begitulah asal terjadinya musibah tadi itu.’

‘Ya, itu namanya sudah takdir Allah. Lebih baik kita bersabar.’

‘Sekali lagi saya mohon maaf. Karena saya yang bersalah saya ingin bertanggung jawab atas kesalahan saya. Biaya dokter dan perawatan rumah sakit sudah saya bayar. Mudah-mudahan Amir cepat sembuh lukanya.’

‘Mungkin bukan semata-mata kesalahan pak Sugiman. Mungkin anak saya juga lalai, tidak melihat-lihat dulu sebelum menyeberang. Sebenarnya kalau akan memberatkan pak Sugiman, saya tidak keberatan menanggung biaya perawatan anak saya ini.’

‘Tidak pak. Saya ikhlas dan saya tidak merasa berat. Ini tanggung jawab saya atas kekeliruan saya. Hanya itu yang dapat saya bantu. Amir tentu lebih dirugikan lagi karena dia terpaksa tidak bersekolah. Jadi harap bapak terima keikhlasan saya ini.’

‘Kalau begitu baiklah. Saya berterima kasih kepada pak Sugiman.’

‘Satu hal lagi. Bolehkah saya tahu alamat bapak? Insya Allah saya akan menyempatkan melihat kemajuan keadaan Amir nanti dalam sehari dua ini.’

‘Terima kasih. Alamat saya di perumahan Perumnas Jatiwangi Pondok Gede, nomor D3. Silahkan bapak catat.’

‘Baiklah pak, kalau begitu saya mohon diri.’ Pak Sugiman menyalami pak Umar, memberi hormat kepada ibu Fatimah dan menyalami Amir sebelum berlalu meninggalkan rumah sakit.

Pak Umar menemui dokter yang merawat dan menjahit luka Amir untuk menanyakan keadaan Amir dengan luka di kepala itu. Dokter itu menjelaskan bahwa tidak ada yang mengkhawatirkan. Darah luka itu banyak karena di kepala dan hal itu yang menyebabkan Amir merasa pusing. Dokter menyarankan agar Amir beristirahat dulu di rumah barang dua hari. Kalau tidak merasa pusing-pusing selama dua hari itu boleh pergi bersekolah lagi. Dokter juga mengingatkan agar obat yang diberikannya diminum sampai habis.

Dengan menumpang taksi pak Umar, ibu Fatimah dan Amir meninggalkan Rumah sakit Harmoni. Ibu baru sadar bahwa pak Umar tidak mengendarai Vespanya datang ke rumah sakit.

‘Kok abang tidak naik Vespa dari sekolah tadi? Dimana Vespanya bang?’

‘Vespanya di sekolah. Abang tinggal karena bannya kempes.’

‘Siapa yang tadi mengantar abang itu?’

‘Sepeda motor ojek. Abang naik ojek.’

‘Abang balik lagi ke sekolah sehabis ini kan? Kenapa tidak langsung saja kita mengantar abang dulu. Biar saya berdua dengan Amir pulang.’

‘Biarlah abang antar kalian pulang. Setelah itu baru abang balik ke sekolah.’

Amir yang sudah merasa lebih baik bertanya kepada ayah.

‘Bagaimana keadaan sekolah itu ayah? Apakah ayah sudah diperkenalkan kepala sekolahnya kepada guru-guru dan murid-murid di sana?’

‘Sudah. Ayah sedang berbincang-bincang dengan pak Suprapto waktu ibumu menelepon tadi. Sebelum itu ayah diperkenalkan pak Suprapto kepada guru-guru dan semua murid waktu upacara. Jadi sementara ini umumnya baik-baik saja.’

‘Bagaimana murid-muridnya ayah? Betulkah anak-anak orang kaya semua? Betulkah pada membawa mobil pribadi ke sekolah?’

‘Ya ada saja. Di SMU 267 juga ada yang bermobil. Kalau mereka memang anak orang berpunya ya biarkan saja.’

‘Belum ketahuan ada yang nakal ayah?’

‘Sudah ada. Nantilah ayah ceritakan. Kamu sudah tidak pusing?’

‘Tidak ayah. Rasanya saya ingin kembali ke sekolah.’

‘Dengan bajumu penuh noda darah seperti ini?’

‘Amir! Bukankah dokter menyuruhmu beristirahat dulu dua hari ini. Jadi tidak usah memikirkan sekolah dulu!’ ibu mengingatkan.

‘Ya. Ibu benar. Kamu banyak kehilangan darah karena lukamu. Jadi kita ikuti saja saran dokter tadi. Lusa baru kamu kembali sekolah. Tentu abangmu Faisal tidak lupa memintakan izin bagimu.’

‘Baiklah ayah.‘

Setelah sampai di rumah dan melihat keadaan Amir yang tidak mengkhawatirkan sama sekali, pak Umar berangkat kembali ke sekolah.

*****


Jam sepuluh tepat adalah jam istirahat pertama. Murid-murid SMU 369 keluar untuk beristirahat dan bergerombol-gerombol di luar kelas. Ada yang pergi ke kantin sekolah. Di sana sedang beredar cerita tentang peristiwa Vespa pak calon kepala sekolah yang dijahili Anto, tentang Anto ketahuan pak kepala sekolah, tentang razia mendadak atas empat orang anak kelas dua C. Anto dan Iwan yang biasanya pelanggan kantin itu saat ini tidak kelihatan untuk dimintai konfirmasi cerita. Mungkin keduanya sengaja menghindar. Di tengah hiruk pikuk suasana kantin beberapa anak terlibat tanya jawab.

‘Jul! Lo lihat Anto nggak?’ Armen menanyai Julianto.

‘Nggak tuh. Gue denger dia ketangkap sama Jenderal.’

‘Emang ngapain lagi sih tu anak?’

‘Tadi pagi dia ngejahilan Vespanya pak kepala sekolah yang baru itu.’

‘Oh ya?! Terus?’

‘Ya gue nggak tahu. Gue nggak tau gimana ketangkapnya. Tadi abis upacara gue lihat dia masuk kelas biasa-biasa aja. Barusan gue diceritain Herman kalau dia juga tadi dipanggil ke kantor kepsek, sampai ditelanjangi segala?’

‘Hah?! Yang bener lo. Kok jadi ngacok gitu sih?’

‘Kalau menurut Herman, si Jenderal tuh kelihatannya curiga urusan ngeboat. Mereka berenam tadi digeledah, ditelanjangin.’

‘Herman ngapain emang?’

‘Ya itu dia. Mr. Mursyid datang ke dua C nangkapin yang diduga dekat ama Anto dan Iwan. Mangkanya Herman kejaring. Sama Bambang, sama siapa lagi nggak tau. Mangkanya barusan mereka ngamuk-ngamuk marah-marah gue lihat.’

‘Nggak ngerti gue. Kok urusan ngejahilin Vespa jadi dicurigai ngeboat sih? Apa hubungannya?’

‘Mendingan lo tungguin aja mereka deh. Ntar lo tanyain aja langsung.’

Tina dan Ames yang baru datang langsung nyerobot nanya.

‘Eh, ada kasus apa tuh anak-anak dua C?’ sergap Tina.

‘Mana gue tahu? Lo tanyain aja ke sono langsung!’ jawab Julianto.

‘Gue serius nih. Bukannya lo barusan ngobrolin mereka?’ tanya Ames.

‘Siapa yang ngobrolin mereka? Lo aja yang sok teu.’

‘Gue serius nih. Ada cerita apa sih? Katanya ada yang diduga ngeboat ya?’

‘Ah, lo. Dasar cewek biang gossip. Nanya pakek mancing.’

‘Bener, ya?! Urusan ngeboat?’

‘Gue nggak tau. Gimana sih lo.’

‘Terus kalian barusan ngobrolin apa? Gue denger ujungnya pakai kata-kata ‘ngeboat’. Iya, kan?!’

‘Eh, lo ngerti nggak siih?! Gue bilang gue nggak tau?’

‘Ah sialan. Emang dasar lo payah. Yok Mes, kita cari info!’

Kedua gadis kenes itu berlalu dari kantin.

Di depan kelas dua C masih ramai. Herman masih marah-marah sama Anto yang dikiranya sengaja melibat-libatkan dia dalam urusan yang nggak jelas. Anto tentu saja tidak merasa telah melibatkan Herman dan yang lain-lain. Hal itu adalah atas inisiatif Mr. Mursyid untuk mencomot mereka yang dikenal dekat dengan dirinya.

‘Bukan gue yang nyuruh nyomot lo, ngapain juga gue ngelibatin yang laen-laen. Lo tanya aja Iwan. Masak lo nggak percaya ama gue sih?’ kata Anto menjelaskan.

‘Ya apa urusannya? Kok jadinya gue ikut-ikutan dicurigain? Ditelanjangin? Gila nggak tuh?! Urusannya aja gue nggak ngerti. Siapa yang nyuruh gue dibawa-bawa? Tahu dimana tuh Mr. Mursyid nyomotin kita-kita. Sekarang gue tanya lo. Urusannya sebenarnya apa sih?’

‘Ya urusan Vespa itu! Gue kan udah bilang. Urusan Vespa yang gue semprotin cat dan gue kempesin itu. Gue nggak tau kalau orang itu calon kepsek. Pas tadi dibilangin kalau dia itu calon kepsek, gue ngeper. Gue nyesal. Gue ajak Iwan nyari lagi tuh pentil yang gue buang. Eh nggak taunya, dia pas lagi ke belakang. Ya, kita kena. Ketangkap.’

‘Terus?’

‘Cuman dia nggak tau kalau kita yang ngempesan motornya. Dia cuman nanya kita lagi ngapain. Gue bilang aja, ada perlu. Terus kita disuruh masuk kelas. Gue bener-bener udah ngeper. Tadinya gue mau ngabur. Mau cabut aja. Pas mau keluar, nggak taunya Jenderal lagi di gerbang depan. Ya, kita ketangkep. Tampang gue pasti pucat banget. Dan gue gemeteran. Mungkin gue dikirain lagi sakau. Si Jenderal tuh, pake ngedeketin hidungnya ke mulut gue segala. Nah begitu ceritanya. Kagak ada yang gue libat-libatin. Ngapain juga gue mau ngejahilin lo.’

‘Emang gitu Wan? Emang bener gitu itu ceritanya?’ Herman bertanya kepada Iwan untuk konfirmasi.

‘Iya, bener. Gue lebih parah lagi dari lo. Gue juga nggak ngapa-ngapain, cuman nemenin dia di tempat parkiran motor doang jadi habis-habisan kena getahnya.’

‘Ah dasar sialan memang. Hampir aja rasanya gue mau ngajak dia duel gara-gara urusan begini. Gue bener-bener mpet, tau nggak lo.’

‘Lo ajak duel juga nggak apa-apa. Kan duel tadi pagi batal.’

‘Lo jangan manas-manasin Wan! Ini aja ogut udah terancam nih. Entar kalau kejadian macam-macam lagi, benar-benar dihabisin deh gue. Jadi lo tolong jangan macem-macem deh. Man! Gue minta maaf, meski sebenarnya bukan gue yang membuat lo susah, tapi lo kena gara-gara urusan gue. Jadi gue minta maaf. OK?!’

‘Apanya yang OK?!’

‘Lo mau maafin gue nggak? Mau dong, tolong!’

‘Ya udah, gue maafin lo sekali ini.’

Anak-anak itu bergerak menuju kantin sekolah. Tapi tiba-tiba datang Tina dan Ames pemburu berita.

‘Hai, To.’ Ames menyapa sok ramah.

‘Hai juga.’

‘Gue denger ada peristiwa dengan lo?’

‘Kalau lo udah dengar, berarti iya ngkali.’

‘Peristiwa apa sih?’

‘Lha. Katanya lo udah denger. Harusnya gue dong yang nanya ke lo.’

‘Jangan gitu dong. Gue kan fans lo. Ceritain dong!’

‘Kalau gitu lo jangan nanya sekarang deh. Masih belum jelas urusannya.’

‘Masih belum jelas gimana maksud lo?’

‘Ya belum jelas, masih dalam proses. Daripada entar mengacaukan suasana sidang, mendingan lo gue ceritain nanti aja, kalau semuanya udah beres.’

‘Lo ngomong apaan sih? Bikin bingung aja. Urusannya apa?’

‘Ya itu dia. Entar aja gue ceritain. Waktu udah mau abis nih.’

‘Pelit amat sih lo. Sialan.’

*****

No comments: