Thursday, March 27, 2008

Oleh-oleh Dari Perjalanan Haji 1424H (26)

26. Hari-hari Terakhir Di Makkah


Demikianlah waktu. Berjalan mengalir tak terbendung. Sedetik itu cepat. Sejam itu cepat. Sehari itu cepat. Hari kedua, ketiga, keempat dan seterusnya tetap mengalir tak terbendung. Hari Senin tanggal 9 Februari. Hanya sekedar menunjukkan bahwa dia sehari lebih awal dari tanggal 10. Yang sehari lebih awal pula dari tanggal 11. Begitu seterusnya. Dan tadi subuh, sesudah shalat subuh di mesjid, saya hemat-hemat mengaji. Saya berhenti di tengah juz amma. Yang akan saya tamatkan di hotel pagi ini.

Dan di hotel, setelah akhirnya menamatkan tadarus, saya melamun. Menghitung hari ke belakang. Baru kemarin kita berangkat dari Jakarta. Baru kemarin kita shalat di mesjid Nabawi. Baru kemarin kita bertolak ke Aziziah, berangkat ke Mina, wukuf di Arafah, baru kemarin. Baru kemarin kita thawaf ifadha, melontar jumrah. Baru kemarin kita pindah ke hotel ini. Dan sekarang adalah kemarinnya besok, sementara besok akan jadi kemarinnya lusa. Sudah sembilan belas hari kami berada di Haramain, sejak berangkat hari Kamis tanggal 22 Januari yang lalu, yang baru kemarin saja itu. Berkumpul dengan berjuta umat Allah yang datang memenuhi panggilanNya kesini. Tapi disini setiap ‘kami’ lebih banyak bersunyi diri di tengah sangat ramainya berjuta-juta umat itu. Bukan karena ego. Bukan karena tidak perduli. Bukan karena tinggi hati lalu tidak saling bertegor sapa. Tapi setiap ‘kami’ sibuk dengan zikir dan doa sunyi di dalam hati dan tidak ingin saling mengganggu ke kanan dan ke kiri. Wajah-wajah kami, yang meskipun tidak terlihat ramah, mungkin karena sembab oleh air mata, atau haru dalam mengingat dosa, paling tidak tidak ada satupun yang beringas, yang penuh dendam kesumat membara. Tafakur, zikir, doa telah menyibukkan setiap kami dari bercengkerama ke kanan dan ke kiri. Kadang-kadang saya berada di sebelah orang dari Afrika. Kali lain di sebelah jamaah dari India. Berikutnya dari Malaysia, dari Sri Langka, Afghanistan, Turki, Tunisia. Pokoknya darimana saja. Hampir tidak pernah kami bercakap-cakap satu sama lain. Karena di kiri dan kanan tidak ada pula yang berlaku demikian.

Dan kesunyian itulah yang membekas. Kesunyian dalam persaudaraan seiman. Kesunyian dalam penghormatan wajar yang satu terhadap yang lain yang cukup dicerminkan oleh wajah yang tafakur bersahabat meski saling membisu. Dan...... masa kebersamaan itu sedang menjelang berakhir. Kemarin sudah kami tinggalkan mesjid Nabawi. Sudah kami tinggalkan Raudhah dan makam Rasulullah SAW. Kemarin sudah kami tinggalkan Mina. Dan besok, yang akan jadi kemarinnya lusa, akan kami tinggalkan pula tanah suci ini.

Waktu siangnya pergi shalat zuhur serasa ingin saya menahan-nahan langkah, ingin menikmati langkah demi langkah yang saya langkahkan ke mesjid. Serasa ingin saya menyalami setiap jamaah di mesjid ini, semua saudara seiman ini. Rasanya ingin saya duduk seketat-ketatnya di lantai mesjid mulia ini. Tapi tentulah keinginan seperti itu tidak mungkin dilaksanakan. Yang dapat saya lakukan hanyalah menatap. Menatap ka’bah yang berdiri kokoh, menatap jamaah yang berthawaf, menatap jamaah di kiri dan kanan yang lagi-lagi dalam wajah pasrah. Yang dapat saya lakukan adalah mendengarkan setiap penggalan panggilan azan. Memanggil jauh kedalam relung hati. Mendengarkan komando iqamat, patah demi patah. Qadqaa matishshalaatu qadqaa matishshalaaah. Allaahu Akbar Allaahu Akbar. Laailaha illaLlaaaah. Mendengarkan komando imam dalam takbir. Allaahu Akbar!

Sehabis makan siang ada pengumuman dan penjelasan dari penyelenggara mengenai tertib melaksanakan thawaf wada’ besok. Thawaf wada’ bisa dilakukan langsung sesudah subuh, dengan catatan sesudah itu tidak kembali lagi ke Masjidil Haram. Jadi shalat zuhurnya di hotel saja. Atau bagi yang tetap masih ingin shalat zuhur di mesjid, bisa juga dilaksanakan menjelang shalat zuhur, lalu tidak keluar dari mesjid sampai selesai shalat. Saya setuju sekali dengan cara yang kedua ini. Saya masih ingin shalat berjamaah di mesjid ini sampai yang terakhir kali sebelum berangkat. Rencananya kami akan meninggalkan hotel di Makkah ini sekitar jam dua siang besok.

Saya tunaikan pula shalat ashar dengan segala kesyahduannya. Dan sehabis maghrib saya ajak si Sulung dan si Tengah melakukan thawaf. Kami lakukan thawaf di lantai dua. Hanya kami bertiga. Karena istri saya tidak kuat kakinya. Dan si Bungsu masih dalam harap-harap cemas penantian, akankah dia bisa thawaf wada’ besok. Si Sulung yang sudah sangat normal keadaannya malahan paling kuat tatkala kami berjalan sangat tergesa-gesa dalam setiap putaran. Putaran yang saya hitung mula-mula memerlukan waktu sembilan menit menyelesaikannya. Tapi pada putaran berikut ada yang selesai dalam tujuh menit. Yang total jendral kami selesaikan ketujuh putaran itu dalam lima puluh enam menit . Tentu bukan kecepatan itu yang jadi target kami, tapi agar thawaf itu bisa selesai menjelang azan isya berkumandang.

Shalat isya dengan bacaan imam yang begitu menyentuh dalam shalat yang sedang-sedang saja kecepatannya. Yang sedang-sedang saja panjang ayatnya. Yang semua surah bahkan yang paling pendekpun dibaca oleh imam yang pasti hafadz al Quran itu pada saat shalat maghrib. Pada shalat isya bahkan surah al ghaasyiyah yang dua puluh enam ayat pendek-pendek itu dibagi dua untuk rakaat pertama dan kedua. Afalaa yanzhuruuna ilal ibilikaifa khuliqat. Wa ilassamaa ikaifa rufi’at.. Wa ilal jibaalikaifa nushibat. Wa ilal ardhikaifa suthihat . Fatzakkir! Innamaa anta mutzakkir. (Apakah mereka tidak memperhatikan onta bagaimana dia diciptakan? Dan langit bagaimana dia ditinggikan? Dan gunung-gunung bagaimana dia ditegakkan? Dan bumi bagaimana dia dihamparkan? Maka peringatkanlah! Sesungguhnya engkau hanyalah pemberi peringatan.)

Dan saat berpisah itu semakin mendekat.


*****

No comments: