Wednesday, April 29, 2009

DERAI-DERAI CINTA (15)

15. BALIK KAMPUNG

Seperti keputusan nenek yang tidak bisa ditawar sedikitpun, nenek dan Imran akan kembali ke kampung. Mak dang tidak bisa berkutik. Kalau nenek sudah mengambil keputusan tidak ada ceritanya beliau menariknya kembali. Mak dang tahu betul itu. Karena pernah kejadian, nenek mengatakan akan pulang, mak dang berusaha mengulur-ulur waktu, lalu nenek berangkat sendiri. Beliau angkat koper kecil beliau sendiri. Naik oplet ke terminal bus di Pakan Baru sendiri. Terus pulang ke kampung. Mak dang tergopoh-gopoh menyusul beliau ke kampung untuk minta maaf.

Mak dang bukannya tidak menasihati tante Ratna agar bersikap lebih santun kepada nenek. Agar pandai-pandai mengambil hati beliau. Tante Ratna bukan tidak berusaha mematuhinya. Tapi selalu saja terjadi lagi hal-hal yang menyebabkan nenek tersinggung.

Sampai saat terakhir mak dang masih mencoba menahan Imran agar mau bersekolah dan tinggal di Rumbai. Imran tidak berubah. Dia sudah menyusun rencana kerjanya sendiri. Dia harus mandiri. Kalau dia tinggal dengan keluarga mak dang, disamping beresiko mengganggu ketenteraman rumah tangga beliau, juga akan menjadikan pribadinya kerdil. Akan menjadikan dirinya ikut-ikutan manja. Imran merasa tidak pantas untuk hidup di lingkungan seperti ini.

Tadi malam mak dang dan Imran berbincang-bincang sesudah makan. Mak dang akhirnya menyerah. Rupanya Imran tidak hanya bermodal nekad. Dia punya rencana yang masuk akal untuk dicoba. Bahkan dia sudah merintis jalan untuk usahanya itu dalam beberapa hari terakhir.

‘Sebegitu keras hatimu mau kembali pulang, apa kira-kira rencanamu sesungguhnya Ran?’ tanya mak dang.

‘Menjelang masuk sekolah awak akan berdagang, mak dang,’ jawab Imran.

‘Selama dua bulan ini? Apa yang akan engkau perdagangkan? Pisang?’

‘Ya, mak dang selama dua bulan ini. Awak akan berjualan beras. Akan awak beli beras di Bukit Tinggi, awak bawa ke Pakan Baru. Mak Bahdar kenalan awak di pasar Pakan Baru bersedia menampungnya,’ jawab Imran.

‘Berjualan beras? Berjualan beras itu memerlukan modal. Modal yang cukup besar. Apakah kau akan berhutang dulu kepada penjual di Bukit Tinggi? Siapa yang akan mau menghutangimu disana?’

‘Insya Allah tidak berhutang mak dang. Awak diberi tahu mak Bahdar untuk membeli beras di mesin giling. Pemilik mesin giling di sekitar Bukit Tinggi biasa menjual beras mereka ke pedagang beras Pakan Baru. Akan awak hubungi heler di sekitar kampung. Awak beli berasnya. Modal adalah sedikit mak dang. Almarhumah ibu meninggalkan sebuah rupiah emas. Itu yang akan awak jadikan modal,’ jawab Imran rinci.

Mak dang terdiam. Anak ini rupanya tidak main-main.

‘Lalu dengan apa beras itu akan dibawa kemari?’

‘Awak sudah berkenalan dengan sopir truk pengangkut beras. Truk itu membawa beras beberapa orang pedagang. Jarang sekali seorang pedagang menyewa satu truk sendiri. Pemilik-pemilik beras itu ada yang ikut dengan truk mengawal berasnya, ada yang menitipkan saja ke sopir truk. Yang terakhir ini biasanya orang yang sudah punya langganan penampung di Pakan Baru. Kalau nanti awak mendapatkan seribu kilo beras, akan awak kawal sendiri beras itu kesini, mak dang.’

Mak dang mengangguk-angguk.

‘Uang satu rupiah emas itu bisa untuk membeli seribu kilo beras?’ tanya mak dang.

‘Lebih kurang, mak dang. Lebih kurang sebanyak itu. Sudah termasuk untuk ongkos angkut,’ jawab Imran.

‘Tidak takut kau akan gagal?’

‘Akan awak mulai dengan bismillah, mak dang.’

‘Lalu dimana kau akan bersekolah?’

‘Akan awak coba mendaftar di SMA Bukit Tinggi.’

‘Dan tinggal di kampung?’

‘Iya, mak dang. Kalau awak diterima, awak berulang dari kampung dengan sepeda.’

Mak dang kembali mengangguk-angguk. Kelihatannya beliau cukup puas mendengar rencana Imran.

Lala mendengar obrolan itu dari tempat dia belajar. Lala kagum mendengar. Walaupun masih remaja, bang Imran ini punya keberanian dan rencana yang matang. Dia sudah mempelajari dan menyiapkan langkah yang akan ditempuhnya.

‘Lalu? Kalau kau datang ke Pakan Baru membawa beras. Apakah kau pulang lagi ke kampung di hari yang sama ?’ tanya mak dang lagi.

‘Kalau harga beras dibayar tunai, awak segera balik lagi mak dang.’

‘Kalau tidak?’

‘Terpaksa awak tunggu. Mungkin sehari dua.’

‘Kalau sampai menunggu, kau kesini nanti ya?’

‘Baik, mak dang.’

‘Tentang rupiah emas peninggalan ibumu itu. Kau bawa kesini?’

‘Awak bawa. Awak simpan di dalam tas.’

‘Hanya sebuah rupiah itu saja peninggalan ibu?’

‘Ada sebuah cincin dan sebuah kalung lagi. Hanya itu,’ jawab Imran.

‘Semua kau bawa?’

‘Iya, mak dang.’

‘Bagaimana kalau mak dang beli rupiah emasmu itu? Lalu uangnya mak dang kirimkan melalui bank? Dari pada kau bawa-bawa seperti itu, penuh resiko.’

‘Boleh saja, mak dang.’

‘Pergilah ambil!’ kata mak dang.

Imran mengambil barang emas itu di kamar dan menyerahkannya kepada mak dang.

‘Kau tahu berapa harganya?’

‘Tidak tahu, mak dang.’

‘Besok kita tanyakan di toko emas. Baik, rupiah emas ini mak dang ambil. Uangnya mak dang kirim melalui bank BNI di Bukit Tinggi. Sebaiknya kau buka tabungan di bank itu. Cincin dan kalung ini kau simpan baik-baik.’

‘Ya, mak dang,’ jawab Imran.

‘Baiklah. Mak dang setuju kau mencoba belajar berdagang. Lakukanlah dengan hati-hati. Mak dang akan membantumu nanti jika diperlukan,’ kata mak dang menyudahi perbincangan mereka.

***

Mak dang ikut mengantar nenek ke kampung kali ini. Hari Sabtu pagi mereka berangkat dari Rumbai. Tante Ratna menangis waktu minta maaf sama nenek. Dan beliau juga minta maaf kepada Imran.

Lala juga sedih. Lala tahu betul kenapa nenek tiba-tiba minta pulang. Pasti karena tersinggung oleh mama lagi. Jelas mama yang salah. Mama tidak bisa sabar. Iyalah, mama marah bang Imran pergi tanpa pamit. Lalu nenek menengahi, bang Imran sudah pamit ke nenek ketika mama sedang tidak di rumah. Harusnya kan tidak ada masalah. Tapi mama bukannya menerima, malahan membantah nenek dengan kata-kata tentang peraturan di rumah ini. Apa salahnya sih, seandainya mama diam saja ?

Dan bang Imran. Lala sangat bersimpati kepadanya. Bang Imran itu penyabar, sopan dan taat dengan shalat. Kalau saja bang Imran sekolah di Rumbai, Lala akan senang sekali. Lala sudah terlanjur memperkenalkannya kepada teman-temannya sebagai kakak sepupunya dari kampung yang akan masuk SMA Rumbai. Ternyata mama bersikap aneh. Mama tidak suka dengan bang Imran. Entah apa alasan mama sebenarnya.

Tadi malam Lala mendengar obrolan papa sama bang Imran. Mudah-mudahan usaha yang direncanakannya itu berhasil.


***

No comments: