Monday, December 1, 2008

SANG AMANAH (79)

(79)

18. Harapan Kembali (2)

Setelah kedua temannya tadi pergi Edwin masih termangu-mangu agak lama. Apakah dia bermimpi? Dia ditawarkan kembali ke sekolah? Sejujurnya dia sangat ingin kembali bersekolah. Dia sangat ingin membuktikan untuk siapa saja yang dulu curiga kepadanya sebagai pemadat, bahwa dia tidak serusak yang dibayangkan orang-orang itu. Betapa bahagianya kalau dia bisa kembali bersekolah. Dan dia tidak keberatan jika dia memang harus mengulang kembali di kelas dua. Ya jelas dong. Mana mungkin dia duduk di kelas tiga. Dan kalau saja ayahnya masih ada. Betapa akan bahagianya ayah mendengar cerita ini. Ayah yang, dia sangat yakin, akhirnya kembali mempercayai bahwa keterlibatannya dengan minuman berekstasi waktu itu hanya karena iseng. Ayah yang meski pernah terlanjur menamparnya, karena saking kecewa akibat dia dikeluarkan dari sekolah, diam-diam berniat untuk mencarikan sekolah baru baginya, bila sudah ada biaya.

Tapi… Tapi apakah semua itu mungkin? Sekarang sudah tidak ada ayah. Bahkan dia harus membantu ibu dengan bekerja seperti sekarang ini. Dengan mengharapkan penghasilan ibu semata, mana mungkin cukup untuk membiayai sekolah mereka berempat? Penghasilan ibu bahkan tidak akan cukup untuk membiayai sekolah adik-adiknya bertiga. Penghasilan ibu hanya cukup untuk keperluan makan mereka sehari-hari secara sederhana. Masih diperlukan uang untuk sewa rumah. Untuk membayar listrik. Untuk uang sekolah adik-adiknya.

Ah…… kembali bersekolah itu sangat mustahil. Sangat tidak mungkin. Memang sudah ketentuan dari sananya bahwa dia harus mengambil alih tugas ayah untuk membantu ibu. Ya sudahlah. Tidak usah muluk-muluk. Tidak usah bermimpi. Biarlah dia tetap bekerja di sini saja.

Tanpa disadarinya, tangannya menyentuh kantong celananya. Ada amplop di dalam kantong itu. Ada dua amplop. Yang satu untuk Mansur dan satunya untuk dirinya. Edwin jadi tidak enak, waktu tadi menceritakan bahwa yang menolong Tomi tadi malam adalah bertiga. Dia, Mansur dan sopir taksi. Bukan maksudnya minta hadiah tambahan untuk Mansur. Tapi dia hanya sekedar nyeletuk bahwa isi amplop itu nanti akan dibaginya dengan Mansur. Waktu itu ayah Tomi menanyakan, siapa itu Mansur, dan siapa saja yang tadi malam menolong anaknya. Dan Edwin bercerita apa adanya. Ayah Tomi akhirnya mencari satu amplop lagi dan menyerahkan ke Edwin serta mengingatkan agar yang satunya ini, yang diberi tanda dengan tulisan MANSUR, diserahkan nanti kepada Mansur.

Edwin ingin mengetahui apa isi amplop itu. Pasti uang, tapi berapa? Ingin dia pergi sebentar ke kamar kecil untuk membuka amplop itu. Tapi ah, tidak. Tidak usah. Amplop itu akan dibukanya bersama ibu nanti malam. Biarlah nanti diperlihatkannya amplop utuh itu kepada ibu. Biar nanti mereka bahagia bersama melihat isinya.

Sementara Edwin meneruskan bekerja masih dengan setengah ngelamun, mas Hendro datang menyamperinya dan bertanya.

‘Ngapain teman-teman lo tadi ke sini Win?’ tanya mas Hendro.

‘Mereka bilang lagi memantau, mas. Lagi nyelidikin keadaan gue sesudah nggak sekolah. Apa gue masih bernafas atau sudah enggak, mungkin gitu kali,’ jawab Edwin tersenyum.

‘Kayak kurang kerjaan gitu mereka?’ ujar mas Hendro setengah bertanya.

‘Mungkin disuruh guru-gurunya kali mas. Mungkin buat perbandingan. Bahagia mana anak sekolah sama anak putus sekolah. Mungkin begitu kali… he..he..he..’

‘Emangnya lo bahagia kerja di sini?’

‘Ya….. karena dibayar jelas bahagia dong mas. Kalau gue kerjanya nggak dibayar pasti nggak bahagia,’ jawab Edwin sekenanya.

‘Ngomong-ngomong, lo betah kerja di sini Win?’

‘Ya..betah aja. Emang kenapa sih mas?’

‘Soalnya, gue perhatiin lo kayaknya serius banget gitu. Emangnya lo bekerja, duitnya bakal apaan sih Win?’

‘Bakal dibagi-bagiin, mas. Dibagi-bagiin ke tukang becak ama tukang ojek.. he..he…. Ah, mas Hendro kok pertanyaannya aneh-aneh sih? Buat hidup mas. Jelas buat biaya hidup,’ jawab Edwin serius.

‘Ya.. justru itu. Gue suka perhatiin lo, nggak ngerokok, nggak jajan. Sangat jarang gue lihat lo jajan. Emang duit lo bakal apaan aja? Jadi beneran nih, duit lo buat ngebantuin nyak lo?’

‘Ya… emang iyalah mas. Gimana nggak. Adik gue tiga orang masih sekolah. Nyokap cuman pekerja kasar. Duit dari mana kalau nggak?’ jawab Edwin lagi.

‘Harusnya lo sekolah yang tinggi Win. Biar gampang cari duit. Lo sih, ngapain juga waktu itu lo ampe dikeluarin segala. Gue lihat, lo orangnya nggak bandel-bandel amat. Emang kenapa sih lo dulu itu? Lo berantem di sekolah? Lo ngajak berantem guru?’

‘Ya nggaklah mas. Masak iya gue berani ngajak guru berantem. Dulu itu sih karena lagi apes aja mas. Pas gue lagi agak bandel dikit tapi ketahuan. Jadi deh gue ditendang dari sekolah. Kalau sekarang sih, emang udah nggak mungkin lagi gue sekolah, mas. Biaya dari mana buat bayar uang sekolah,’ ujar Edwin lirih.

‘Ngomong-ngomong, tadi disamperin sama saudara yang kecelakaan, diajak kemana lo?’

‘Ke rumah sakit. Ngelihat anak yang semalam kecelakaan itu. Semalam dia kan pingsan. Tadi udah sadar. Dia ngucapin terima kasih ceritanya, gitu. Nyokapnya juga. Nyokapnya ampe nangis segala sambil nyalamin gue. Gue bilang karena gue kebetulan pas ada dekat kejadian. Masak nggak ditolongin. Gitu deh,’ jawab Edwin.

‘Terus, lo dikasih hadiah?’ tanya Hendro lagi.

‘Iya nih. Dikasih amplop. Dua amplop. Satunya buat Mansur.’

‘Berapa duit lo dikasih?’

‘Gue belom buka mas. Ntar mau gue buka bareng ama nyokap?’ jawab Edwin.

Hendro terkesima mendengar itu. ‘Perhatian bener nih anak’, pikirnya. ‘Amplop hadiah buat dia sendiri aja, dia mau buka barengan sama nyaknya. Bener-bener deh… ni anak,’ Hendro membatin.

‘Bener-bener hebat lo. Gue lihat, lo sayang banget ama nyak lo.’

‘Ya iyalah mas. Nyokap juga sayang banget ame gue. Ame adik-adik gue. Mas Hendro nggak sayang ama nyokapnya?’

‘Sayang juga dong. Tapi nyak gue udah kagak ada Win,’ jawab Hendro.

‘Oh ya?! Ya sori deh, mas. Tapi mas Hendro udah punya keluarga kan?’

‘Udah. Anak gue udah dua. Kecil-kecil.’

‘Umur berapa, mas?’

‘Yang gede tiga taun, yang kecil belum setaun.’

‘Pasti anaknya mas Hendro juga sayangkan, sama mas Hendro sama istrinya mas Hendro?’

‘Iya kali,’ jawab Hendro.

‘Kok kali? Kok kayak nggak yakin?’

‘Udah ah. Nggak usah ngomongin keluarga. Tapi ngomong-ngomong, kok lo kagak pernah protes sih Win? Gue ampe bingung juga ngelihat lo?’

‘Apa yang mau diprotes mas? Mas Hendro mau gue protes?’

‘Lo, gue suruh masuk siang terus, kerja ampe malam terus, nggak bosan lo? Dan lo nggak pingin libur sekali-sekali?’

‘Kalau soal jam kerja, ya pas banget aja sih mas. Soalnya gue berangkat ke sini, nungguin adik gue pulang sekolah dulu. Dia pulang sekolahnya jam sebelas gitu sampai di rumah. Begitu dia nyampe, gue langsung berangkat. Dan di sini ampe jam sepuluh malam kan memang begitu aturannya. Jadi gue nggak apa-apa. Kalau urusan libur, gue kan digajinya harian, mas. Ngapain juga libur. Di rumah mau ngapain. Sumpek. Jadi apa yang mesti gue protes?’

‘Jadi kalau lo misalnya gue suruh masuk pagi, lo nolak dong?’

‘Ah, nggak juga. Kalau disuruh sih gue mau aja.’

‘Katanya lo harus nungguin adik lo pulang sekolah dulu? Gimana sih? Kalau lo kerja pagi, kan adik lo masih di sekolah?’

‘Nggak masalah mas. Orang kate, ‘no problem’. Kalau mas Hendro yang nyuruh, pasti gue bisa. Rumah dikunci aja pagi-pagi. Kunci titip ke tetangga. Nggak ada susahnya itu,’ jawab Edwin mantap.

‘Hebat lo kalau gitu. Ya udah deh. Gini aja. Gue juga mau berbuat baik ama lo nih. Mulai hari ini lo boleh pulangnya jam delapanan. Begitu Mansur datang lo boleh langsung pulang. Pokoknya lo tungguin Mansur aja.’

‘He..he..he.. terima kasih mas. Kok tumben baik mas?’

‘Sialan lo. Lo bilang gue tumben baik . Apa selama ini gue nggak baik ama lo?’

‘He..he..he.. terima kasih mas. Terima kasih sekali lagi.’


*****

No comments: